"Masalah" Tak Masalah

Catatan Harian

Seiring dengan bergantinya waktu, detik ke-menit, menit ke-jam,jam ke-hari,hari ke-minggu dan minggu ke-tahun. Sadar atau tidak sadar kita telah melewati hari-hari bahagia,haru, duka, dan hari-hari yang sulit untuk dijalani, karena itulah arti dari kehidupan ini. Tidak mesti berjalan mulus namun pasti kehidupan ini akan dibarengi dengan liku-liku jalan bebatuan. Hidup akan terasa berarti/bahagia bila semua aktifitas yang dilakukan sesuai dengan harapan. Disaat bahagia seperti inilah kadang-kadang kita mulai terlena oleh nikmatnya dunia dan disaat masalah-masalah muncul dalam kehidupan tidak jarang kita mulai mundur langkah demi langkah dan kemudian berlari secepatnya menghindari masalah yang sedang menimpa kita.

Ketika kenyataan dan apa yang diharapkan tidak sejalan maka disitulah awal munculnya masalah. Masalah itu akan semakin menyelimuti kehidupan dan berubah sangat menggenaskan bahkan mematikan jika tidak dihadapi dengan baik-baik dan bijak (Hadapi,Hayati dan Nikmati). Berapa orang yang ketika mendapatkan masalah langsung bertindak bodoh dengan merusak diri dengan mengkonsumsi barang-barang haram (Miras, Dugem, Dll) bahkan mengakhiri hidup dengan bunuh diri ? Apakah masalah dapat terselesaikan ketika kita melakukan tindakan-tindakan seperti ini ? jawabannya “TIDAK” malah ujung-ujungnya berbuah penyesalan.

Allah berfirman dalam QS. Insyirah (5-6) :

Artinya :

5. Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,

6. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

Pada ayat ke 5 dan ke 6 dikatakan oleh ALLAH secara berturut-turut “Sesudah Kesulitan Maka Ada Kemudahan”. Allah telah memberikan kita (Manusia) 2 kemudahan dalam satu kesulitan. Jika manusia mendapatkan masalah Allah telah memberikan 2 jalan kemudahan untuk menghadapi masalah tersebut. Janganlah merasa takut bila persoalan-persoalan duniawi itu muncul karena Allah bersama orang-orang yang sehat akalnya yang menjadikan akidah Islam menjadi landasan berpikirnya dan menjadikan kepribadian Islam menjadi parameter perbuatannya.

 Ada sebuah kata bijak mengatakan bahwa “Kebiasaan Yang Sering Di Ulang Secara Terus Menerus Maka Akan Membuahkan Kehebatan Yang Luar Biasa”. Apa hubungannya kata tersebut dengan masalah diatas ?. Bila mendapatkan masalah tidaklah mesti melakukan tindakan-tindakan yang merugikan namun hadapilah masalah itu dengan pasti janganlah melarikan masalah tersebut. Semua manusia yang diciptakan didunia ini pasti pernah mendapatkan masalah-masalah, kadang-kadang masalah itu ringan dan kadang-kadang pula masalah terasa sangat berat untuk dijalani. Namun, Biasakanlah menghadapi masalah dengan mencari solusi tanpa merusak diri, Kita harus perbiasakan diri dengan keadaan-keadaan seperti ini agar membuat mental diri kita menjadi kuat dan tegar. Orang lain tidak akan melihat seberapa banyak kita terjatuh tetapi mereka akan melihat seberapa beraninya kita untuk bangkit kembali menopang kaki yang tiada daya guna memulai perjalanan kembali. Bukan pula seberapa besar masalah yang kita hadapi tetapi seberapa beraninya kita untuk berdiri kokoh kembali, karena masalah bukan akhir dari segalanya.

 Yakinlah pada diri kita, ada hari pada saat kita bangun pagi keadaan tidak seperti yang kita harapkan terjadi, itulah saat ketika kita harus beritahu diri sendiri bahwa keadaan akan membaik. Ada saat ketika orang mengecewakanmu dan membuatmu sedih, itulah saat ketika kita harus mengingatkan diri sendiri untuk percaya pada penilaian dan pendapat diri sendiri untuk tetap fokus pada keyakinan  diri sendiri. Akan ada tantangan dan perubahan yang HARUS kita hadapi dalam hidup dan bagaimana menerimanya itu terserah pada diri kita pribadi. Tetaplah jaga diri pada arah yang tepat untuk mencapai tujuan. Memang tidaklah mudah, tapi masa-masa sulit itu akan menyadarkanmu tentang jati diri yang sesungguhnya. Jadi, bila hari-hari kita dipenuhi oleh rasa frustasi dan tanggung jawab yang membebani ingatlah untuk tetap YAKIN pada diri sendiri dan segala yang kita inginkan dalam hidup ini. Karena semua tantangan dan perubahan itu hanya akan membantu kita menemukan tujuan yang kita tahu memang diperuntukkan bagi kita. Yakinlah pada diri kita.