Miliki 4 Mindset Tanda Seorang Pengusaha Sukses

Miliki 4 Mindset Tanda Seorang Pengusaha Sukses
Tanda Pengusaha Sukses
Miliki 4 Mindset Tanda Seorang Pengusaha Sukses

Sukses itu adalah hak semua orang, dan mencapainya pun juga butuh kerja keras dengan pantang menyerah. Tapi kembali kedifinisi sukses itu sendiri sebenarnya sangat luas dan ukurannya pun berbeda-beda untuk setiap orangnya.

Sukses sendiri itu karena adanya sebab, bukan akibat. Jika ditanya bagaimana caranya untuk menjadi sukses? Pasti jawabannya adalah karena proses. Proses kerja, proses latihan, proses pengembangan, dan proses yang lainnya. Setiap pencapaian pastinya membutuhkan proses.

Selain dari itu, ada kualitas diri sendiri yang bisa membantu seseorang untuk mencapai kesuksesan. Mindset atau pola pikir juga menentukan dalam keberhasilan seseorang.

Beberapa pengusaha sukses (Elon Musk, Bill Gates, Jack Ma, dkk) memiliki mindset seperti poin-poin berikut ini, jika sobat juga memilikinya maka sobat bisa jadi the next nya mereka, itupun jika sobat mau bekerja keras dan pantang menyerah (tanda aja gak bisa membantu banyak selain niatan diri sendiri yang ingin dan mau berusaha).

Beberapa tandanya seperti berikut :

1. Selalu Ikhlas dan Fokus Mendengarkan Pesan dari Orang Lain

Mendengarkan pesan dari orang lain mungkin bagi kebanyakan orang hanya beberapa menit teringat lalu selanjutnya dilupakan. Dan jika pesannya berupa kritik, tidak banyak orang yang menjadikan kritik tersebut sebagai masukan, justru terkadang menjadikannya sebagai angin lalu yang didengar sebentar lalu cepat dilupakan.

Berbeda jika sobat mau mendengarkan dengan baik, walau buruk atau baiknya pesan yang diberikan, sobat tetap ikhlas mendengarkan. Tanda-tanda seperti ini yang dimiliki oleh para pengusaha yang berhasil. Mereka menyimpan pesan baik atau buruk dari orang lain, lalu menjadikannya bahan untuk evaluasi diri sendiri agar menjadi seseorang yang lebih baik kedepannya.

Contohnya misal sobat mendirikan sebuah perusahaan, mau tidak mau sobat juga butuh feedback dari customer sobat agar perusahaan sobat bisa maju. Kalau gak mau menerima baik atau buruknya pesan dari customer sobat, bagaimana bisa mengevaluasi kinerja dari perusahaan sobat sendiri? Kira-kira begitulah contohnya.

2. Bisa Mengumpulkan Orang-orang Cerdas Agar Mau Bekerja Untuknya

Jika sobat sering belajar dan menjadikan itu sebuah rutinitas, maka itu adalah hal yang baik untuk perkembangan diri sobat nantinya. Tapi jika sobat mungkin sedikit belajar tapi pintar mengumpulkan orang-orang yang cerdas agar membantu pekerjaan sobat, itu justru lebih bagus.

Mungkin sobat pernah melihat banyak perusahaan yang pendirinya bukan dari bidang yang sama dengan perusahaannya. Bagaimana dia bisa membangun sebuah perusahaan yang sukses walaupun si pendirinya tidak memiliki kemampuan di bidang yang sama dengan perusahaanya?

Pastinya itu karena bantuan dari orang lain. Bisa jadi dia mengumpulkan orang-orang cerdas agar bisa bekerja untuknya. Sehingga akhirnya dia bisa membangun sebuah perusahaan yang sukses walaupun dia tidak memiliki kemampuan seperti di bidang yang sama dengan perusahaannya.

3. Tahu Apa yang Ingin Dikerjakan Selanjutnya

Jika sobat seorang entrepreneur, bekerja tanpa adanya atasan, mungkin akan terlihat sulit jika tidak ada yang memberikan tugas selain diberikan tugas oleh diri sendiri. Jika satu tugas telah selesai, maka akan terlihat sulit untuk mengerjakan tugas selanjutnya jika tidak ada rencana tugas yang ingin dikerjakan sebelumnya.

Tapi jika sobat tahu apa yang harus sobat lakukan selanjutnya, tanpa menggunakan rencana tugas sebelumnya. Maka tanda seperti inilah yang menandakan bahwa sobat memiliki mindset seperti para entrepreneur sukses lainnya.

4. Tidak Pernah Berharap Untuk Menerima, Selalu Berbagi dan Berbagi

Definisi berbagi disini itu luas. Bisa berbagi harta, bantuan jasa, ilmu, dan lainnya. Jika sobat memiliki minset untuk selalu ingin berbagi dengan orang lain tanpa berharap ada penerimaan atau pengembalian dari proses berbagi yang sobat lakukan, maka agan memiliki minset seorang yang sukses.

Sebenarnya jika kita tidak mendapatkan pengembalian dari proses berbagi yang sobat lakukan ke mereka, kita masih dapat membangun sebuah hubungan baik (Networking) antara sobat dan mereka (orang lain). Hubungan baik antar sesama inilah yang kita jadikan aset berharga untuk jangka panjang nantinya.

Kesimpulan

Tanda-tanda seperti diatas ini mungkin hanya beberapa persen berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang. Selebihnya lagi, tergantung orang tersebut mau atau tidak berusaha dan menjadikan ide-ide dikepalanya menjadi suatu tindakan yang nyata. 

Walau memiliki tanda seperti ini jika tetap tak ingin mau berusaha keras, ya bagaimana bisa sukses?

Tapi kembali lagi ke definisi awal, sukses itu tidak bisa dilihat dari apa yang orang lain lihat. Semua ukuran seseorang terhadap kesuksesan itu sendiri adalah relatif, ada yang jika dapat A maka sudah bisa dikatakan sukses, ada yang dapat B maka sudah bisa dikatakan sukses, ada lagi yang dapat C maka sudah dikatakan sukses. Tetap intinya itu relatif.

Kira-kira dari tanda-tanda diatas tadi, berapa tanda yang sudah ada di diri sobat? Silahkan komentar sob.
 

Jangan lupa tinggalin jejak ya sob. Ditunggu juga sharenya, Terimakasih.