OMG! Kelamaan Jomblo Bisa Bikin Pikun

OMG! Kelamaan Jomblo Bisa Bikin Pikun
Ini fakta! kelamaan jomblo bisa bikin pikun.

Bagi sebagian orang jomblo adalah kutukan. Sudah ke mana-mana mencari pacar, tetapi tetap juga tak berhasil mendapatkannya. Tapi, bagi lainnya, jomblo menjadi pilihan. Ya mereka memilih hidup jomblo, karena tak ingin ‘terjebak’ dalam komitmen. Nah, buat kamu yang jomnblo, kamu harus hati-hati. Soalnya menurut riset terbaru, kelamaan jomblo bisa bikin pikun lho,

Baru-baru ini, para penelitidari Universitas Loughborough, Inggris, mengemukakan kalau orang-orang yang kelamaan jomblo, bahkan menjoblo hingga usia tua, 60 persen berisiko mengalami demensia alzheimer alias pikun.

Kamu pasti nggak percaya kan kalau kelamaan jomblo bisa bikin pikun? Buat kamu yang nggak percaya, BDC mau kasih buktinya nih. Untuk mendapatkan hasil penelitian ini, para peneliti terlebih dahulu mencari sebanyak 6677 sukarelawan. Jumlah yang sangat banyak kan?

Para sukarelawan itu adalah orang yang kelamaan jomblo, usianya pun sudah tua, yakni antara 52 tahun sampai 90 tahun. Wah ada yah orang yang menjomblo sampai 90 tahun gitu?

Nggak cuma itu, penelitian ini pun memakan waktu cukup lama, yakni selama enam tahun. Penelian yang lama itu dilakukan untuk mengetahui adanya hubungan antara kehidupan cinta dengan peluang seseorang mengidap demensia alzheimer alias kepikunan.

Dan hasilnya, para peneliti benar-benar menemukan hubungan antara kehidupan asmara dengan kepikunan. Bingung yah?

Buat kamu yang bingung, salah satu peneliti dari Universitas Loughborough, yaitu Profesor Eef Hogervorst mengatakan orang yang menjomblo terlalu lama atau hidup melajang hingga tua, tanpa pendamping hidup, cenderung menjalani gaya hidup yang lebih buruk daripada orang yang menikah.

Dilanjutkan, orang yang menikah memiliki motivasi untuk hidup lebih sehat, karena dia ingin hidup lebih lama demi keluarganya, seperti istri dan anak-anaknya. Jadi, orang yang menikah berusaha untuk menghentikan kebiasaan buruk yang dilakukan saat dia hidup melajang.

“Orang yang telah menikah itu kebanyakan punya motivasi besar untuk mengubah pola hidup atau gaya hidup menjadi lebih sehat dan lebih baik. Mereka yang tadinya mengonsumsi alkohol, merokok, dan kebiasaan lainnya, cenderung berusaha untuk menghentikan kebiasaa buruknya tersebut,” kata profesor.

“Pola hidup yang tak sehat itulah menjadi penyebab demensia alzheimer atau kepikunan,” tuturnya.

Selain pola hidup yang tak sehat, rupanya orang yang jomblo kelamaan juga rentan stres, depresi dan sangat berisiko tinggi terserang penyakit jantung, yang merupapak salah satu pemicu kepikunan.

“Hidup menyendiri dan kesepian adalah salah satu pemicu penyakit jantung,” dia menjelaskan.

Karena itulah, profesor mengatakan agar para jomblo atau seseorang yang memilih hidup lanjang hingga tua untuk rajin bergaul dengan tetangga dan lingkungan sosial, agar terhindar dari kesepian.